Mendapatkan
Bantuan

Anda tidak sendirian, laporkanlah ke orang terdekat yang Anda percayai bila mengetahui atau mengalami kekerasan seksual!

Janganlah takut melapor, karena Anda berhak membela hak asasi Anda yang telah dilanggar. Lakukanlah 5M berikut bila Anda mengalami kekerasan seksual:

1

Ceritakan kekerasan yang Anda alami kepada orang dewasa yang Anda percayai. Langkah ini penting dilakukan untuk mengurangi efek trauma Anda setelah mengalami kekerasan, sekaligus memetakan langkah strategis yang aman dan nyaman.

2

Tuliskan kronologi kejadian dan menyimpannya di tempat aman agar tidak hilang atau terbaca orang lain tanpa sepengetahuan Anda. Ingat untuk tidak pernah mengirimkan kronologi kasus pada siapa pun tanpa melalui proses pendampingan organisasi atau lembaga yang biasa mendampingi kasus kekerasan.

3

Segera hubungi organisasi yang biasa mendampingi korban kekerasan seksual untuk meminta pendampingan dalam pengambilan keputusan di setiap langkah dengan memprioritaskan keamanan, kenyamanan dan keselamatan Anda sebagai korban.

4

Laporkan kejadian dengan disaksikan oleh pendamping ke unit pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual di perguruan tinggi Anda.

5

Cari bantuan layanan konseling, keagamaan, atau lainnya bila Anda merasa membutuhkan langkah-langkah lebih lanjut untuk dapat pulih dan berkegiatan kembali.